Gunung Sindoro Meletus....?

Go down

Gunung Sindoro Meletus....?

Post by iwan on 7/12/2011, 9:55 pm




Status Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro terletak di perbatasan Temanggung-Wonosobo, Jawa Tengah secara resmi dinyatakan dalam level waspada, Senin (5/12) malam. Penetapan menyusul terjadi kegempaan vulkanik yang semakin meningkat. Gunung Sindoro dalam beberapa hari terakhir juga tertutup kabut.

Dari data di pos Pemantauan Gunung Api (PGA) Sindoro Sumbing, Temanggung, kegempaan aktivitas kegempaan dalam tiga hari terakhir terjadi 20 kali gempa vulkanik dangkal. Padahal pada November, gempa vulkanik dangkal terjadi 10 kali.

Petugas PGA Sindoro Sumbing Sumaryanto mengatakan, untuk sementara jalur pendakian ditutup. Sedangkan bagi para petani yang memiliki lahan di dekat puncak Gunung Sindoro diimbau menghentikan aktivitas.

Sementara Camat Bansari Singgih Purnomo menjelaskan, meski status ditingkatkan ke waspada, warga yang tinggal di lereng Sindoro untuk tetap tenang tapi tetap harus waspada.

Seperti diketahui Gunung Sindoro terakhir kali meletus pada 1971. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.400 meter dari atas permukaan laut dan tertidur selama 40 tahun mulai beraktivitas sejak September silam. Dengan mengeluarkan asap sulfatara di bibir kawah sumur jolotundo di puncak Gunung Sindoro.(AIS)
....Yon Daryono....








Spoiler:


Terakhir diubah oleh iwan tanggal 7/12/2011, 10:04 pm, total 2 kali diubah (Reason for editing : gbr)

iwan

Jumlah posting : 106
Join date : 14.07.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik