Mengatasi memory BB Penuh

Go down

Mengatasi memory BB Penuh

Post by iwan on 29/12/2011, 10:59 pm




Salah satu masalah yang sering dijumpai pada penggunaan BlackBerry adalah habisnya memory RAM. Semakin lama digunakan, bisa dalam satuhari saja, memory akan semakin cepat habis. Semakin banyak aplikasi yang anda instal di dalam BB anda, semakin cepat pula memory penuh. Akibatnya, kerja BB menjadi sangat lambat.
Pada BB 9700 Onyx misalnya, memori hanya 256 MB (masing-masing untuk Application Memory dan Device Memory), sangat cepat terkuras, apalagi kalau Anda menggunakan OS 6. Paling hanya akan tersisa kurang dari 50 MB, padahal itu sebelum menginstal facebook, tweeter, dan e-mail. Coba periksa memori Anda dengan menu Options, Status (untuk OS 5) atau Options, Device, Storage (untuk OS 6). Bagaimana cara mengatasi hal ini?
Solusi yang paling praktis adalah dengan sering mem-booting ulang BB, baik dengan cara melepas baterai, atau dengan menekan Alt-Shift kanan-Del bersamaan.Namun proses booting dapat berlangsung 3-5 menit. Anda tentu jengkel menunggu selama itu kalau Anda sedang menunggu telpon penting. Ada aplikasi untuk melakukan booting, yaitu QuickPull, tetapi seringkali tidak mempan mengatasi memori penuh ini, bahkan meskipun kecil, aplikasi ini juga memakan memori. Jalan keluar lain adalah dengan mengecilkan sistem operasi (OS) BB Anda, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi BB Boss. Alternatif lain, gunakan Shrink A OS dan BBH Tool (lihat link di bagian akhir artikel ini).
Agar dapat digunakan, sebuah ponsel (termasuk BlackBerry) perlu diisi dengan sistem operasi. Bawaan dari pabriknya, sistem operasi ini berisi komponen yang sangat lengkap, misalnya bahasa yang ada di dalamnya terdiri dari berbagai bahasa. Demikian juga dengan berbagai aplikasi. Meskipun aplikasi ini tidak Anda instal, tetapi sudah disiapkan di dalam sistem operasi. Akibatnya, sistem operasi Anda memang sangat lengkap, tetapi sekaligus memenuhi memori RAM BB Anda. Nah, untuk mengurangi berbagai komponen yang tidak Anda perlukan ini, gunakan BB Boss. Aplikasi ini berjalan di sistem Ms Windows.
Peringatan: Kalau Anda masih memakai 'sabuk putih' dalam proses instalasi komputer maupun BB, sebaiknya minta didampingi oleh teman Anda, karena proses mengutak-atik sistem operasi mengandung risiko yang cukup berat. BB Anda bisa rusak dan hanya akan menjadi gantungan kunci atau bandul kalung Anda. Kalau Anda sudah biasa, silakan lanjutkan membaca.







Untuk merampingkan BB OS versi 6, Anda harus mengunduh dan menginstalnya dulu di komputer Anda. Setelah itu, unduhlah BB Boss, boleh pilih antara yang versi 1.1 dan 2.2 (link ada di bagian akhir tulisan ini). Versi terbaru ini dapat digunakan untuk mengerdilkan sistem langsung di BB Anda, tanpa memerlukan komputer. Instal dan jalankan BB Boss, maka di layar akan muncul tampilan untuk membuang berbagai komponen sistem operasi BB Anda. Berilah tanda centang untuk komponen yang akan Anda hapus. Kalau Anda tidak memberi tanda centang satupun, berarti Anda akan mengembalikan ke OS versi penuh. Setelah selesai, kliklah tombol Auto Add\Remove... maka BB Boss akan menyiapkan sistem yang baru Anda 'buat'. Di bagian bawah layar akan terlihat berapa besar memori Anda yang berkurang atau bertambah.
Bagian terakhir adalah memasukkan sistem operasi yang sudah Anda buat tadi ke dalam BB Anda. Caranya adalah dengan memilih menu File, Launch Aploader... Menu ini akan berfungsi apabila Anda sudah menginstal Desktop Software bawaan BB Anda. Anda akan diminta membuat backup BB Anda. Kalau saya memilih Quick Backup, tanpa memilih backup semua email, karena toh sudah ada di komputer. Setelah backup selesai, proses akan dilanjutkan dengan memperbarui sistem di dalam BB Anda. Prosesnya hanya berlangsung sekitar 5-10 menit.








Setelah selesai, periksalah data dan aplikasi di BB Anda. Seharusnya sudah kembali seperti semula. Kalau belum, restore-lah semua data Anda dengan aplikasi Desktop Software (dulu Desktop Manager). Proses yang lama adalah mengembalikan BBM Group Anda. Kadang-kadang proses mengembalikan keanggotaan Anda dalam BBM Group bisa memerlukan satu-dua hari.Setelah selesai, maka BB Anda kini akan berisi OS yang lebih ramping. Memori RAM Anda akan lebih lega dan kinerja BB Anda menjadi lebih gegas. Namun jangan lupa, suatu hari nanti tetap saja memori BB Anda akan penuh kembali, dan Anda perlu mem-booting BB Anda kembali :-)

BB Boss 1.1 dapat diunduh di sini. BB Boss 2.2 dapat diunduh di sini.
Aplikasi lain untuk merampingkan OS BB adalah Shrink-A-OS dan BBH Tool. jimatdigital.blospot.com








iwan

Jumlah posting : 106
Join date : 14.07.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik